MENITI KARIR (Bag.1)

Ada satu bagian dari kehidupan kita yang berkaitan dengan pekerjaan dan profesi, yang biasa disebut dengan karier. Setiap orang yang bekerja, di tingkat apa pun, berhak mengharapkan karier yang lebih baik. Namun, pertanyaan yang mendasar adalah: apakah karier itu? Kemanakah jalan karier menuju?

Pertanyaan #1–Bagaimana dengan karier anda? Menurut anda, ke arah mana jalan karier semestinya menuju?
Bagi kebanyakan orang, karier adalah perjalanan ke atas, mendaki jenjang-jenjang jabatan dalam struktur organisasi perusahaan dengan tujuan gemilang: jabatan tertinggi. Memang ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Seseorang tak bisa begitu saja meraih kursi pucuk pimpinan tertinggi. Kebanyakan orang harus mendaki anak tangga organisasi satu per satu, mulai dari staff, kepala bagian, manajer dan seterusnya. Kemajuan karier ditandai dengan promosi jabatan. Tentu bukan sembarang jabatan. Jabatan yang menarik adalah yang memberikan kewenangan dan tanggung jawab lebih besar atas operasi perusahaan, orang, dan modal.

Dengan kata lain, meniti jalan karier adalah meniti jalan kekuasaan. Sehingga disadari atau tidak, tindakan dan perilaku yang diterapkan lebih merupakan tindakan dan perilaku politis. Terlebih lagi, mengingat struktur organisasi tradisional yang cenderung berbentuk kerucut menyebabkan lebih sedikit tempat di atas dibanding jumlah mereka yang memperebutkannya. Di sisi lain, usia bertambah tanpa bisa dicegah sehingga pemburu karier harus benar-benar memperhitungkan strategi, taktik, dan waktu yang tepat. Apa yang didapat dari semua ini? Otoritas, kekuatan finansial, pengaruh atas orang, dan berbagai pernak-pernik kekuasaan lainnya. Agaknya pernyataan ini terlalu sederhana, namun cukup wajar bagi mereka yang menganggap karier sama dengan jabatan dan pangkat-pangkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: