TIPS BUGAR SEPANJANG HARI

Sepanjang minggu kita bekerja, mulai pagi hingga petang. Tak jarang di akhir minggu kita masih terus bekerja. Tak usah heran, karena tubuh kita dirancang secara sempurna untuk bekerja, membangun bumi ini sebaik-baiknya demi kesejahteraan kita dan generasi mendatang. Adakalanya kita melalui suatu hari dengan penuh semangat, energetik, seolah tak kenal lelah. Sebaliknya, tak jarang pula kita isi suatu hari dengan kelesuan, loyo dan murung. Memang suasana hati dan fisik senantiasa naik turun. Meski begitu, bekerja seharian penuh bersama hati dan fisik yang bugar selalu menyenangkan. Sedangkan, bekerja bersama pikiran ruwet dan tubuh yang lesu, jauh dari kata menyenangkan. Karena itu ada baiknya kita mensiasati bagaimana kita bisa menumbuhkan kebugaran, menemukan energi dan semangat bekerja sepanjang hari. Hukum bekerja itu sederhana saja: bila hati senang, kerja pun baik. Berikut beberapa tips yang bisa anda coba untuk menemukan kebugaran jiwa dan tubuh sepanjang hari kerja yang padat.

–Mulailah hari anda dengan pikiran positif.

Ketika pertama kali anda membuka pelupuk mata di pagi hari, ucapkan syukur bahwa anda masih diberi kesempatan untuk menjalani hari ini. Bersiaplah untuk memberikan sesuatu yang terbaik dari diri anda untuk bumi ini. Lakukan khusyu, kontemplasi, meditasi atau apa pun namanya. Ini baik agar pikiran anda jernih dan positif. Setelah itu, ada baiknya anda setel musik ceria kegemaran anda. Lalu, go, go, go, siap bekerja.

–Lakukan olah raga ringan.

Berikan kebugaran pada tubuh anda dengan melakukan olahraga ringan. Hirup udara banyak-banyak. Biarkan tubuh anda bergerak dan berkeringat. Namun, tak usah terlalu ngoyo. Lebih baik lagi, bila anda lakukan itu bersama-sama dengan pasangan, anak-anak, atau teman-teman anda.

–Jangan lupa sarapan secukupnya.

Sarapan adalah pemasok bahan bakar terpenting (gula darah) bagi tubuh. Sarapan bukan hanya bermanfaat di pagi hari, namun juga siang dan sore hari. Sarapan akan menghindari anda dari jajan di jam kerja, sehingga membantu anda menjaga berat tubuh, menguatkan daya pikir dan mempertahankan semangat kerja. Namun demikian, yang penting adalah jenis makanan yang anda makan haruslah lengkap, terutama protein yang bisa mempertahankan kadar gula darah sepanjang hari. Bila perlu tambahkan susu. Agar anda berselera, susun menu yang bervariasi.

–Atur kegiatan hari anda sebaik-baiknya.

Sebelum anda bekerja, aturlah rencana kerja anda hari ini. Susun sebaik-baiknya sesuai dengan skala prioritas pencapaian tugas. Aturlah tugas-tugas anda sedemikian rupa agar anda tidak mudah kelelahan di pagi hari. Buat jadwal yang selang-seling dan sediakan waktu untuk istirahat. Meski begitu bersikaplah fleksibel untuk mengubah rencana anda. Segala sesuatunya bisa terjadi. Belajarlah untuk membagi dan mendelegasikan tugas.

One Response to TIPS BUGAR SEPANJANG HARI

  1. Artikel yang sungguh bermanfaat, menambah pengetahuan yang terkadang terlupakan.
    Terima kasih banyak dan sukses selalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: