TREND DUNIA KERJA DI 2010

Perkembangan dunia usaha, bisnis, teknologi dan media yang dinamis mau tidak mau juga membawa perubahan dalam korporasi dan dunia kerja, baik dalam tren, metode rekrutmen, maupun manajemen lingkungan kerja. Pada akhirnya perkembangan tersebut juga akan memberikan dampak bagi Anda, baik sebagai seorang profesional maupun pencari kerja. Beberapa tren dunia kerja tahun 2010 yang sebaiknya Anda ketahui adalah sebagai berikut :

Jenis Pekerjaan atau Lowongan Kerja

Berdasarkan data dari JobsDB.com, di tahun 2010 ada beberapa jenis pekerjaan yang paling dibutuhkan oleh perusahaan. Jenis pekerjaan ini jatuh dalam 3 kategori yaitu :

1. Kategori akunting dengan posisi staf akunting, accounting supervisor, internal auditor, chief of accounting.
2. Kategori industri spesifik yaitu penambangan dan manufaktur. Untuk industri penambangan posisi favorit adalah geologist (senior maupun junior), safety health environment officer dan geophysicist. Sementara di industri manufaktur posisi yang paling dibutuhkan adalah supervisor produksi dan quality assurance.
3. Kategori teknologi informatika. Lowongan yang paling sering muncul di bidang ini adalah application specialist, software design dan engineering, system and network support.

Lingkungan Kerja

Perubahan teknologi dan perekonomian dunia maupun negara yang mulai membaik membuat banyak perusahaan mulai melakukan perubahan atau penyesuaian dalam operasional perusahaannya

1. Akan semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan social media untuk menguatkan brand, menciptakan image perusahaan atau sebagai media komunikasi dengan customer dan klien. Saat ini hampir semua orang terhubungkan melalui social media sehingga salah satu akses yang cukup besar untuk ‘meraih’ targeted potential customer bisa dilakukan lewat jalur ini. Hal ini juga membuat munculnya jenis pekerjaan atau posisi baru yaitu mereka yang khusus menangani dan mengembangkan strategi PR, meraih customer baru atau mempertahankan loyal customer melalui media ini.

2. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Career Builder pada perusahaan di Amerika menyatakan bahwa di tahun 2010 banyak perusahaan (30% dari peserta survey) akan menggantikan karyawan yang berperforma rendah dengan mereka yang performanya lebih tinggi. Besar kemungkinan hal yang sama akan dilakukan perusahaan di Indonesia, terutama perusahaan yang pertumbuhannya melaju dengan cepat. Karyawan dengan performa rendah seringkali diidentifikasikan sebagai mereka yang tidak bisa atau lambat menyesuaikan diri dengan pertumbuhan perusahaan.

3. Semakin banyak perusahaan akan terus menerapkan atau memulai gerakan green work environment. Kebijakan untuk melakukan penghematan stationery, listrik, penggunaan produk lokal dan alat atau teknologi yang hemat energi akan semakin banyak dilakukan oleh perusahaan karena selain terbukti bisa menekan belanja rutin juga memberikan kontribusi positif bagi pelestarian lingkungan.

4. Perusahaan lebih memilih memiliki karyawan bilingual. Gaung mengenai pasar bebas yang semakin dekat dan kemungkinan untuk bekerja sama dengan investor dari berbagai negara membuat banyak korporasi semakin sadar bahwa karyawan yang bisa berkomunikasi dengan 2 atau lebih bahasa adalah aset berharga. Karyawan yang menguasai lebih dari satu bahasa bisa mempresentasikan image perusahaan atau brand baru kepada target yang lebih luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: