MENGHEMAT PENGELUARAN

Terkadang Anda tak sadar, bahwa Anda sering membelanjakan uang secara berlebihan untuk pengeluaran tertentu. Padahal, jika Anda membeli barang tersebut dengan cara atau tempat yang berbeda, mungkin Anda bisa lebih menghemat pengeluaran. Beberapa trik di bawah ini bisa Anda lakukan untuk tujuan tersebut:

1. Pakaian, tas, dan sepatu
* Hindari: Membeli produk-produk fashion seperti ini saat baru terpajang di etalase, atau di deretan “new arrival“. Barang-barang tersebut mungkin  harganya mahal, padahal merek dan kualitasnya kurang dapat dipertanggungjawabkan.

* Solusi: Produk fashion dari beberapa brand tertentu kadang-kadang lebih murah ketika didapatkan di luar negeri. Anda bisa menitip teman yang kebetulan sedang bepergian ke luar negeri untuk membelinya. Atau, sabar sedikit, tunggu hingga barang tersebut didiskon di department store langganan Anda. Cek juga harga sebelum dan sesudahnya, supaya tidak tertipu diskon palsu.

2. Bahan-bahan makanan
* Hindari:
Jika untuk sehari-hari Anda hanya butuh memasak sayur asem, tahu-tempe, sup sayur, atau balado telur mata sapi, tak perlu berbelanja bahan-bahan tersebut di supermarket. Apalagi, membeli bahan makanan impor, atau yang merupakan bahan makanan organik. Oke, bahan makanan ini mungkin terasa lebih enak dan lebih sehat, tetapi bahan makanan non organik pun tetap bermanfaat untuk Anda.

Solusi: Untuk kebutuhan sehari-hari, belanja di pasar tradisional atau di tukang sayur yang lewat di depan rumah. Harganya bisa 3-4 kali lipat lebih murah daripada harga di supermarket. Kualitasnya pun tak jauh berbeda. Anda bisa tetap mendapatkan sayuran yang benar-benar segar saat berbelanja di pasar pagi hari.

3. Nongkrong di kedai kopi
* Hindari:
Hampir setiap hari nongkrong di sini hanya untuk menunggu three-in-one berlalu. Belum lagi jika Anda punya kebiasaan menyantap cake untuk menemani cangkir kopi Anda. Ladies, dalam satu tahun, Anda bisa membeli mesin pembuat kopi dengan cara ini!

* Solusi: Tak perlu menghentikan aktivitas ini, apalagi jika Anda melakukannya untuk refreshing atau membina relasi. Kurangi saja frekuensinya, dan lihat berapa banyak Anda bisa menghemat. Sesekali Anda juga bisa membuat sendiri kopi sendiri dari kopi instan yang variannya kini semakin beragam.

4. Ke mal setiap weekend
* Hindari:
Niat awalnya mungkin hanya untuk refreshing, tapi sepulang dari sana Anda selalu membawa pulang tas belanjaan. Belum lagi acara makan, ngopi, dan nonton, yang tak pernah terlupakan dari sesi mall-to-mall ini.

* Solusi: Cara terbaik untuk mengurangi kebiasaan shopping adalah dengan tidak mengunjungi mal sama sekali. Setidaknya, jika kantor Anda dekat mal, dan beberapa kali dalam seminggu Anda rajin mampir ke sana, kurangi frekuensinya hingga saat akhir pekan saja. Bila sudah mampu melewati ujian ini, kurangi lagi frekuensinya seperti setiap dua minggu sekali.

5. Langganan majalah dan beli DVD
* Hindari:
Untuk yang masih lajang, majalah wanita dan DVD akan menjadi teman terbaik di kala suntuk. Namun apa benar Anda butuh berlangganan tetap selama setahun, jika majalah-majalah tebal itu tak pernah habis Anda baca? Atau koleksi DVD yang semakin menumpuk, menunggu ditonton?

* Solusi: Beli saja majalah secara eceran, setelah memastikan bahwa informasinya memang Anda perlukan. Cara lain adalah dengan meminjamnya dari teman. Hal yang sama juga berlaku untuk DVD. Anda bahkan bisa bertukar koleksi film dengan teman-teman. (Sumber : Shine)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: