HITAM ATAU PUTIH

Pernahkah Anda membaca sebuah kisah, tentang perusahaan besar sepatu yang ingin mengembangkan usahanya ke sebuah negara. Perusahaan itu lalu mengirimkan dua orang untuk mengadakan penyelidikan, tidak lama kemudian kedua orang ini kembali ke kantor untuk melaporkan hasil penyelidikan mereka.
Orang pertama berkata, “Ah, rakyat di negara itu sangat miskin, mereka semua tidak memakai sepatu. Oleh karena itu di sana tidak akan ada peluang pasar bagi produk kita. Mohon pimpinan membatalkan niat untuk berinvestasi di sana!”

Tetapi orang kedua dengan bersema-ngat mengatakan, “Sungguh membuat orang bersemangat! Masyarakat di sana tidak ada orang yang bersepatu, itu berarti perkembangan pasar sepatu di negara itu jadi tidak terbatas!”

Ketika Anda mengemudikan mobil sering kali menjumpai lampu merah, apakah Anda merasa jengkel karena telah menghamburkan waktu Anda yang sangat berharga, ataukah bersyukur karena kebetulan bisa membiarkan Anda beristirahat sejenak dalam aktivitas Anda yang tinggi? Begitulah hal tersebut berada di antara pikiran sekilas, apakah Anda memilih menghadapi hal itu dengan kegembiraan atau sakit hati?

Perjalanan hidup manusia memang timbul dan tenggelam, ada naik dan turun, baik itu dalam keadaan lancar maupun keadaan yang tidak menguntungkan, semua ini adalah mata pelajaran wajib yang harus kita pelajari dalam kehidupan. Dalam panggung kehidupan kita harus memerankan dengan baik lakon yang seharusnya kita mainkan. Setiap orang adalah peran utama dalam panggung kehidupan mereka, maka dari itu pantang mundur dan tidak gegabah untuk maju serta bisa menggunakan sikap yang mantap dan ramah menyambut setiap kali tantangan hidup barulah benar!

Apakah Anda juga pernah membaca sebuah artikel lain, tentang satu perusahaan yang menjual bibit ikan. Bibit ikan yang mati berjumlah sangat besar dalam perjalanan ekspor sehingga membuat mereka merasa putus asa. Akhirnya mereka menanyakan hal tersebut kepada seorang pakar untuk menanggulangi masalah ini.

Pakar tersebut menyarankan perusahaan bibit ikan ini untuk memasukan musuh alami bibit ikan itu dalam jumlah yang besar, perusahaan bibit ikan tersebut merasakan cara ini tidak bisa mereka pahami. Bukankah cara ini sama halnya cari mati sendiri?

Tetapi permasalahan tersebut sudah sampai pada tahap ini, jadi terpaksa menyembuhkan kuda mati seperti kuda yang masih hidup, dicoba untuk melihat hasilnya. Akan tetapi keajaiban terjadi! Bibit-bibit ikan setelah dimasuki musuh alaminya ternyata kebanyakan masih hidup setelah sampai ditempat tujuan. Setelah itu pakar tersebut memberikan penjelasan, adalah semacam reaksi naluri dari bibit-bibit ikan tersebut untuk bertahan hidup. Untuk tetap hidup bibit ikan itu telah mengembangkan kemampuan terpendam mereka yang paling besar untuk bertahan hidup.

Sebenarnya kegagalan yang kita alami dalam kehidupan, jika kita memandang hal itu dari sudut pandang yang lain, acapkali hal-hal tersebut juga merupakan batu loncatan bagi diri kita, bantuan seringkali tersembunyi di dalam situasi yang sulit.

Pepatah mengatakan, “Keadaan berputar menurut hati.” Kadang kala keadaan di sekeliling kita adalah keadaan yang kita ciptakan sendiri, munculnya suatu permasalahan yang sama, ketika Anda bisa menghadapi masalah itu dengan optimistis, maka kehidupan Anda adalah berwarna. Sebaliknya jika Anda menghadapi masalah itu dengan sikap yang pesimistis dan apatis, maka kehidupan Anda adalah hitam putih. Hanya melihat bagaimana Anda mengayun dan menyirami warna dalam kehidupan Anda sendiri.

Sahabat, apakah Anda sudah berpikir baik-baik saat menggoreskan pena untuk menggambarkan kehidupan Anda? Mempersilakan semua orang yang Anda cintai dan yang mencintai Anda untuk menambahkan warna dalam kehidupan Anda yang cemerlang! (The Epoch Times)

One Response to HITAM ATAU PUTIH

  1. Dina says:

    “Keadaan berputar menurut hati”

    SAYA SETUJU SEKALI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: