USIR “A VERY BAD DAY AT WORK”

Pernahkah Anda merasa bahwa Anda sedang mengalami a very bad day at work? Boss yang seenaknya memajukan deadline, rekan kerja yang melakukan kesalahan yang sama berulang kali, pekerjaan yang mendadak harus direvisi ulang, lift yang mati sehingga Anda harus ngos-ngosan naik tangga untuk mencapai kantor, entah mengapa semua kejadian tersebut memilih hari yang sama untuk muncul dalam keseharian rutin di tempat kerja Anda.

Apakah hal-hal tersebut merusak mood untuk bekerja? Tentu saja, hal yang wajar jika hal tersebut membuat Anda jadi ogah-ogahan atau kehilangan semangat untuk bekerja. Namun sebagai seorang professional, selayaknya hal tersebut tidak dijadikan halangan untuk tetap produktif. Bagaimanapun Anda tetap harus menjalani hari kerja itu sebagai seorang professional dengan kinerja yang baik. ‘Nah, bagaimana cara mengembalikan mood agar Anda bisa bekerja dengan semangat lagi?

Take a deep breath lalu asingkan diri Anda sebentar. Pergilah ke kamar kecil, jalan keluar kantor untuk beberapa saat. Terimalah kenyataan bahwa mood Anda saat ini sedang buruk karena hal-hal buruk sedang terjadi secara beruntun pada diri Anda. Berikan diri Anda waktu untuk menenangkan diri. Selain itu time out seperti ini akan menghindarkan diri Anda untuk melakukan atau mengatakan sesuatu yang bisa membuat Anda menyesal nantinya.

Ingatlah hal-hal menyenangkan yang pernah terjadi atau hal yang Anda nanti-nantikan. Seperti report Anda yang dipuji oleh boss, jalan-jalan weekend minggu lalu, sesi karaoke bersama keluarga Sabtu ini. Lalu bersyukurlah bahwa Anda pernah diberi kesempatan untuk mengalami hal itu semua.

Bergeraklah! Lakukan olah raga ringan seperti lompat tali, bernafas lebih dalam dan teratur, jalan cepat di waktu makan siang atau kalau sempat, cobalah berlatih sebentar di gym. Endorphins yang dilepaskan oleh tubuh adalah cara alami untuk memulihkan mood.

Tersenyumlah selama beberapa detik. Mungkin terasa sangat dipaksakan, namun hal ini bisa membantu mengirimkan pesan ke otak Anda bahwa hari Anda ternyata tidak ‘sebegitu’ jeleknya. Bayangkan hal-hal indah selama Anda tersenyum. Hal ini akan mengalihkan pikiran Anda dari segala bad mood.

Promise yourself a treat. Setelah hari buruk ini berlalu, manjakan diri Anda secara sederhana. Hal tersebut bisa 1 jam pijat di salon langganan, 1 cone es krim favorit Anda atau hal-hal lain yang menyenangkan bagi Anda. Hal sederhana seperti ini bisa membantu mengembalikan mood Anda seperti semula karena membuat Anda bersemangat melewatkan hari ini untuk mendapatkan treat Anda.

Tertawa. Inilah obat terbaik dan tercepat mengembalikan mood. Cobalah ke YouTube dan cari video-video lucu, email teman-teman Anda dan minta mereka memforward email humor terbaik yang mereka punya.

Dengarkan lagu. Tentunya bukan lagu sedih tentang patah hati, melainkan lagu-lagu yang bisa membuat Anda melupakan ‘kesialan’ Anda, senang, bergairah dan bersemangat melanjutkan hari dengan produktif.

Bertekadlah bahwa bad mood akan diselesaikan hari ini juga. Niat memegang peranan penting karena akan memicu Anda untuk kembali kepada mood ceria Anda yang sangat dibutuhkan untuk kinerja kerja sehari-hari.

Jangan menyalahkan orang. Saat keadaan tidak sesuai dengan keinginan Anda, cara termudah memang menyalahkan orang lain. Tapi percayalah bahwa hal ini tidak akan memperbaiki mood Anda, bahkan pada akhirnya bisa membuat Anda justru merasa bersalah dan akan menambah buruk mood yang sudah terlanjur jelek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: