MENGEJAR DEADLINE

Hari ini Anda berjanji dalam hati tidak akan menunda pekerjaan dan akan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline. Tapi pada kenyataannyaa hari ini Anda tetap saja pontang-panting menyelesaikan pekerjaan. Lagi-lagi Anda tetap tak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline. Selesai atau tidaknya deadline tergantung dari diri Anda yang menentukan. Deadline memang terkadang terlihat seperti mimpi buruk bagi sebagian orang karena apabila deadline tidak terpenuhi, secara otomatis akan banyak komplain yang akan menerpa Anda, selain itu nama baik Anda pun menjadi taruhannya. Agar kondisi ini tidak lagi Anda alami, lakukanlah beberapa tips berikut :

Mengatur waktu bekerja. Aturlah rentang waktu pengerjaan pekerjaan Anda, berikan jarak yang memungkinkan Anda untuk menyelesaikan, mengecek dan merevisi pekerjaan Anda sebelum deadline tiba. Berikan highlight pada tanggal deadline sebagai peringatan. Selalu ontime mengerjakan daftar pekerjaan yang telah Anda buat, selama Anda konsisten dengan waktu yang sudah diatur semua akan berjalan dengan baik.

Jangan menunda pekerjaan. Jangan sekalipun Anda menunda-nunda pekerjaan, karena sekali saja pekerjaan Anda tertunda dengan alasan sepele, semua perencanaan yang telah Anda buat tidak dapat terkontrol lagi dan target yang akan Anda capai menuju deadline meleset.

Hindari Internet !!. Kegiatan bermain internet sepanjang hari, karena saking menyenangkannya membuat Anda tak berasa betapa hal tersebut telah menyita perhatian serta waktu Anda sampai uraian tugas pun kerap terbengkalai. Nah, agar pekerjaan Anda tak terganggu, sebaiknya Anda melakukan aktifitas “berkelana” di dunia maya tersebut diwaktu jam istirahat atau lebih bagus lagi setelah jam kantor usai. Dengan begini otomatis, seluruh urusan Anda akan lebih cepat dan lancar.

Tetap semangat. Tetap semangat dan tanamkan pikiran positif di dalam benak Anda. Anggaplah bahwa sukses kecil sedang menanti di depan mata Anda. Menanamkan pikiran positif setiap kali Anda mengerjakan pekerjaan akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut lebih cepat karena Anda mengerjakannya dengan perasaan senang.

Pintarlah dalam memilih prioritas. Selain itu Anda juga harus pintar-pintar memilah mana sesuatu yang bersifat penting dan mendesak, dan mana yang bersifat penting tapi belum atau tidak terlalu mendesak. Cobalah untuk mengawali hari Anda dengan membuat catatan yang akan Anda lakukan hari ini. Berikan penekanan pada tiga teratas bahwa pekerjaan itulah yang akan menjadi prioritas Anda hari ini. Namun Anda harus mematuhi catatan yang telah Anda buat tersebut.

Buatlah evaluasi diri. Setelah menjalani beberapa tips di atas dengan prinsip konsisten dan masih ada pekerjaan yang tidak terselesaikan saat deadline tiba, cobalah mengevaluasi diri dengan mencari apa penyebabnya agar kondisi tidak terulang lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: