MEMPERBAIKI CITRA DIRI

Apa itu citra diri atau image? Artinya secara umum citra diri atau image adalah persepsi pandangan yang kita buat tentang diri kita sendiri. Anda harus mengerti pengertian tersebut terlebih dahulu sebelum memperbaiki citra diri Anda yang mungkin sedang kurang baik ataupun memburuk dikantor Anda. Cobalah berkaca terlebih dahulu, apakah yang menjadi penyebab Anda dimata rekan – rekan kerja menjadi kurang baik bahkan memburuk. Menurut Frank Jefkins (1995) didalam salah satu jenis citra yang disampaikan, ada citra penampilan artinya yaitu citra ini lebih ditujukan kepada subyek yang ada pada institusi, bagaimana kinerja atau penampilan diri dari para profesional pada institusi yang bersangkutan sebagai contoh citra yang ditampilkan karyawan dalam menangani keluhan para pelanggan.

Dari pengertian Jefkins tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Anda dapat me-review ulang bagaimana kinerja atau penampilan Anda dan juga coba tanyakan kepada rekan kerja Anda tentang kesalahan apa yang terdapat pada diri Anda. Berikut ini ada beberapa cara yang mungkin dapat membantu Anda memperbaiki citra diri Anda dikantor:

Olah raga dapat menambah terlihat lebih segar. Hal yang satu ini mungkin sangat susah untuk Anda lakukan, tetapi percayalah dengan Anda berolahraga, maka Anda akan terlihat lebih segar dan juga lebih sehat. Ketika Anda bangun tidur pada pagi hari, usahakanlah minimal melakukan push up 10 kali atau lari pagi keliling sekitar rumah Anda 10 menit. Tidak ada kata Anda sibuk, karena hal ini tidak akan menyita waktu Anda ketika beraktifitas sehari-hari.

Selalu tampil rapi, berpakaian tidak monoton, dan harum. Perlihatkanlah penampilan terbaik Anda ketika pergi ke kantor, yaitu dengan selalu berpakaian yang rapi juga harum. Karena hal ini merupakan aspek terpenting penilaian dari luar. Akan tetapi, coba variasikan gaya berpakaian Anda misalnya dengan memakai aksesoris tambahan. Bukan suatu keharusan Anda mempunyai banyak pakaian, celana, dasi (bagi pria), atau pun rok (bagi wanita), minimal Anda bisa kombinasikan pakaian Anda yang ada dilemari pakaian Anda.

Sarapan pagi dan minum air putih sebelum berangkat kerja. Usahakanlah selalu sarapan pagi dan minum air putih satu gelas, karena itu adalah sumber utama energi Anda untuk beraktifitas ditempat Anda kerja.

Rutin periksakan gigi ke dokter gigi. Mengapa penting Anda memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi? Karena dengan Anda rutin periksa gigi, maka Anda mengurangi kemungkinan radang atau pun flek kuning pada gigi. Dengan gigi Anda putih bersih juga tidak ada bau dari radang, berarti Anda dapat tersenyum lepas tanpa khawatir gigi kuning dan bau mulut.

Tingkatkanlah kecerdasan antarpribadi atau sosial. Kecerdasan antarpribadi atau sosial disampaikan oleh Howard Gardner penemu Multiple Intelligences (kecerdasan bahasa dan logika-matematis) yaitu kemampuan untuk memahami, berinteraksi dengan orang lain, dan bekerjasama secara efektif. Dengan Anda meningkatkan kecerdasan antarpribadi atau sosial, maka Anda akan lebih meningkatkan kemampuan untuk memahami, berinteraksi, dan bekerjasama lebih efektif kepada rekan kerja Anda dikantor.

Perhatikanlah etika Anda. Dengan Anda memiliki etika yang baik, maka Anda akan cepat dan mudah diterima ketika bergaul dengan rekan kerja Anda. Etika bisa dilihat dan dinilai dari kata-kata, tingkah laku, dan hal lainnya yang melekat pada Anda. Etika Anda mencerminkan bagaimanakah pribadi Anda. Anda juga harus tahu posisi Anda sedang berada dimana, karena pergaulan dikantor berbeda dengan teman sebaya dan keluarga Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: