Nikmati Pekerjaan Anda

Tidak bisa dipungkiri, terkadang pekerjaan bisa menimbulkan beban tersendiri dalam hidup Anda. Mungkin Anda pernah atau bahkan sering merasa tertekan dengan tanggung jawab dari pekerjaan Anda yang dirasakan terlalu berat atau melebihi kapasitas dan kompetensi Anda sebagai pekerja. Akibatnya Anda mengalami keletihan dan kejenuhan yang akhirnya membuat Anda stress dan kehilangan gairah serta semangat untuk bekerja.

Pada dasarnya, setiap pekerjaan pasti memiliki beban dan resiko tersendiri bagi seseorang yang mengerjakannya. Terkadang faktor–faktor di lingkungan kerja sering menjadi penyebab utama dari permasalahan ini, mulai dari atasan yang terkesan selalu memberikan “push” pada Anda, kurangnya hubungan personal yang baik antar sesama pegawai, sampai dengan masalah yang paling vital, yaitu gaji yang dinilai tidak sepadan atau sesuai dengan yang kapasitas pekerjaan Anda. Keadaan dan kondisi seperti ini akan menimbulkan ketidaknyamanan ketika bekerja dan tentunya Anda cenderung tidak bisa mengerjakan semua pekerjaan Anda secara maksimal.

Sudah menjadi sesuatu yang lumrah kalau kondisi seperti ini terjadi dalam dunia kerja, mengingat arus industri sekarang ini yang membuat hampir semua perusahaan yang ada untuk selalu mencapai target kerja dalam waktu yang singkat sehingga secara tidak langsung mengharuskan para pegawainya untuk bekerja lebih cepat dan terkadang di luar batas kemampuan para pegawainya sendiri. Untuk mengantisipasi keadaan ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai seorang pekerja agar Anda mampu mengatasai beban dari semua pekerjaan Anda.

  1. Anda harus memulainya dengan membiasakan diri menjaga kondisi fisik. Harus Anda ingat, bahwa kondisi fisik yang baik akan sangat membantu Anda dalam bekerja karena dengan memiliki kondisi fisik yang baik, berarti Anda memiliki daya tahan tubuh yang baik.

  2. Kenali dan pahami kompetensi yang Anda miliki saat ini. Coba Anda pelajari apa saja yang menjadi keunggulan dan kelemahan Anda dalam bekerja, dan jika Anda dapat mempelajarinya dengan baik maka manfaatkan sebaik mungkin keunggulan Anda dan gunakan hal tersebut untuk menutupi kekurangan Anda.

  3. Terus mengeksplorasi kemampuan Anda. Gali lebih dalam lagi semua kemampuan Anda dan coba lebih mengembangkannya, terutama dalam bidang pekerjaan yang Anda geluti saat ini.

  4. Lebih terbuka pada hal–hal baru yang bermanfaat. Anda harus membuka diri pada pemikiran–pemikiran baru yang dapat memberikan referensi dan penyegaran ide bagi Anda.

  5. Coba untuk lebih berbaur dengan lingkungan kerja Anda. Jalin hubungan komunikasi personal yang lebih baik lagi dengan atasan dan rekan kerja Anda. Terkadang dengan menjalin keakraban, saling memahami dan mengerti antar personal di tempat kerja akan lebih membuat suasana kerja yang lebih hangat sehingga Anda merasa betah untuk bekerja.

  6. Selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam setiap pekerjaan Anda. Jangan sampai beban pekerjaan mematahkan semangat dan minat Anda untuk bekerja sehingga Anda menjadi mudah menyerah dan cenderung mengerjakan pekerjaan tidak secara optimal.

One Response to Nikmati Pekerjaan Anda

  1. pekerjaan itu tentang passion, gairah……. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: