Karyawan Bermental Wiraswasta

Menjadi seorang wirausaha bukan berarti Anda harus selalu keluar dari pekerjaan dan memulai bisnis Anda sendiri. “Kategori seorang wirausaha tidak harus selalu seperti itu,” ungkap psikolog Tika Bisono, dalam acara SWOMA (Sekar Womenpreneurship Awards) di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Minggu (11/12/2011) lalu.

Meski secara harafiah, wirausaha adalah orang yang memulai bisnisnya sendiri sehingga ia sendiri menjadi bosnya, namun wirausaha juga memiliki arti yang lebih luas. Menurut Tika, dalam artian luas wirausaha lebih cenderung mengacu pada mental atau sifat seseorang untuk berusaha. Maka sebenarnya semua orang pun bisa disebut wirausaha meskipun ia tak memiliki atau belum memiliki usahanya sendiri.

Bahkan semua karyawan kantor juga bisa disebut sebagai seorang wirausaha, asalkan ia memiliki sifat atau mental sebagai wirausaha, yang diaplikasikan ke dalam kegiatan pekerjaannya.

1. Bersikap hemat
Dengan bersikap hemat, Anda sudah memiliki sifat-sifat seorang wirausaha sejati. Sifat hemat dalam diri seorang wirausaha bisa membuat banyak perubahan dalam strategi bisnis dan menekan pengeluaran berlebihan. “Ketika membuat rencana keuangan di kantor, biasakan untuk menghemat pengeluaran tersebut agar rencana keuangan kantor tidak terganggu,” tukasnya.

2. Inovatif
Kreatif dan inovatif merupakan salah satu syarat penting yang dimiliki seorang wirausaha. Dalam dunia kantoran, inisiatif, inovasi, dan kreativitas juga sangat dibutuhkan untuk memajukan perusahaan tempat Anda bekerja. “Misalnya suatu saat Anda memiliki ide untuk mempromosikan produk. Meski bukan bagian dari tugas Anda, tapi tak ada salahnya untuk menyumbang ide yang bagus. Siapa tahu bermanfaat untuk memajukan perusahaan,” beber Tika.

Berjiwa kreatif dan inovatif dalam pekerjaan tidak hanya berguna untuk memupuk jiwa wirausaha dalam diri saja, tetapi juga untuk melatih kemampuan berpikir jernih dan mencari celah usaha dan memanfaatkannya dengan positif. “Bisa juga nantinya berguna untuk naik jabatan, karena inovasi Anda,” tukasnya.

3. Berjiwa besar
Setiap hal yang dilakukan tak jarang akan berakibat pada kegagalan. Namun jika Anda memiliki jiwa wirausaha, seharusnya hal ini tidak akan membuat Anda merasa kalah. Justru, semangat Anda terpacu untuk maju dan berusaha lebih baik lagi. “Ketika ide Anda ditolak, atau misalnya ada karyawan baru yang dinilai lebih aktif, maka Anda harus berjiwa besar dan justru menjadi semangat Anda untuk maju,” tambahnya.

4. Disiplin
Setiap pekerjaan pasti menuntut kedisiplinan yang tinggi. Kemampuan disiplin diri yang tinggi akan membuat Anda sukses dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan. “Dalam hal disiplin diri, perempuan lebih unggul dibanding pria,” tegas Tika.(kompas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: