Profesi untuk Penyendiri

Tak ada orang mampu bekerja sendiri, dalam arti, kita pasti membutuhkan orang lain untuk memberikan informasi bagaimana pekerjaan tersebut harus dilakukan. Namun, ada sebagian orang yang merasa lebih asyik bila bekerja sendiri. Tidak berarti mereka seorang pemalu, penyendiri, atau orang yang antisosial, namun mereka merasa lebih produktif bila bekerja tanpa gangguan dari orang lain.

Bila Anda termasuk orang yang kurang suka terlibat dengan orang lain saat sedang menekuni pekerjaan, beberapa profesi berikut bisa menjadi pilihan.

Akuntan
Rasanya setiap pekerjaan di kantor tentu membutuhkan tatap muka dengan rekan kerja atau klien. Namun seorang akuntan akan lebih sering membenamkan diri dengan spreadsheet ketimbang menerima telepon atau menemui klien. Maklum saja, data keuangan dan pajak yang harus ditangani membuat seorang akuntan kekurangan waktu untuk ngobrol dengan teman, baik melalui telepon maupun bertemu langsung.

Pendidikan yang diperlukan: akuntansi/finance, administrasi bisnis, MBA

Programer komputer
Jarang sekali Anda melihat programer komputer membuat pemrograman sambil mendengarkan musik. Telecommuting juga bisa jadi pilihan di beberapa perusahaan. Jika Anda menguasai pemrograman, manajer Anda pasti akan cukup respek untuk tidak mengganggu Anda dengan hal-hal lain.

Pendidikan yang diperlukan: programming & software, ilmu komputer, teknologi informasi

Penulis
Menulis membutuhkan konsentrasi. Penulis harus punya kemampuan menahan diri dari godaan di sekitarnya dan tetap fokus dengan apa yang dilakukannya. Jika ia mudah tergoda untuk nimbrung obrolan orang-orang di sekitarnya, dan menghentikan pekerjaannya sesaat, maka ia harus membangun kembali konsentrasi yang sudah susah-payah dibangunnya. Itu sebabnya banyak penulis yang baru “melek” menjelang tengah malam untuk mulai menulis, ketika keadaan sekitarnya mulai sunyi. Jika tidak, lebih baik menjadi penulis lepas sehingga bisa bekerja sendiri di rumah.

Pendidikan yang diperlukan: semua jurusan

Teknisi ilmu forensik
Meskipun seorang penyidik kasus kejahatan harus berhadapan dengan banyak orang, pada saat lain mereka hanya menemui rambut, jaringan tubuh, atau sampel DNA. Kemudian, seorang petugas forensik lebih banyak bekerja di dalam laboratorium untuk membuat diagnosa penyebab kematian, waktu kematian, dan lain sebagainya. Jika Anda pernah menonton serial CSI, tentu Anda dapat melihat bagaimana seorang ahli forensik tampak begitu asyik saat bekerja.

Pendidikan yang diperlukan: kedokteran forensik

Analis biaya
Tak beda jauh dengan akuntan, seorang analis biaya membantu organisasi untuk meningkatkan keuntungan dengan memperbaiki efisiensi. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk bekerja secara independen sambil menyusun dan mengolah angka-angka. Kebutuhan akan tenaga analis biaya juga semakin meningkat. Menurut Departemen Tenaga Kerja, di Amerika akan ada kenaikan tuntutan tenaga analis biaya sebesar 15 persen pada 2018.

Pendidikan yang diperlukan: akuntansi/finance, bisnis

Desainer grafis/web
Sebelum mulai bekerja, mereka memang harus bertemu dengan klien untuk membahas apa yang diinginkan klien. Namun kebanyakan waktu kerja mereka digunakan untuk bekerja sendiri untuk mewujudkan keinginan klien dalam bentuk desain. Banyak yang memilih menjadi pekerja paruh waktu, dan tak sedikit yang memiliki perusahaan sendiri. Desainer grafis memang merupakan profesi yang berangkat dari passion, dan memungkinkan Anda untuk menciptakan sesuatu, dibayar, dan menikmati hasilnya sendiri. Pekerjaan ini juga memerlukan keahlian khusus, namun Anda yang berlatar pendidikan lain juga bisa menguasainya dengan belajar sendiri atau kursus.

Pendidikan yang diperlukan
: desain komunikasi visual, advertising

Ahli perpustakaan
Seorang ahli perpustakaan bisa bekerja di sekolah, kampus, atau perusahaan pada umumnya. Sesekali ia akan bertemu orang yang berkaitan dengan peminjaman buku-buku atau pencarian informasi. Namun pada dasarnya seorang ahli perpustakaan akan bekerja sendiri untuk mengumpulkan, mengorganisasikan, dan menyebarluaskan sumber-sumber informasi yang ada di dalam perpustakaan.

Pendidikan yang diperlukan: ilmu perpustakaan, ilmu komputer

Sumber: Yahoo! Education

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: