11 Karakter Entrepreneur

Wirausahawan adalah seseorang yang mempunyai karakteristik inovasi yang tinggi dengan risiko yang dihadapi atau dibawanya juga cukup tinggi. Dalam buku berjudul The Entrepreneur, John Kao menyebutkan ada 11 karakteristik seorang entrepreneur. Apakah Anda memiliki beberapa karakteristik berikut?

1. Total berkomitmen, menjadi penentu dan melindungi.
2. Memiliki dorongan untuk mendapatkan dan bertumbuh.
3. Berorientasi kepada kesempatan dan tujuan.
4. Mempunyai inisiatif dan tanggung jawab personal.
5. Pemecah persoalan secara terus menerus.
6. Memiliki realisme dan dapat berbicara denan selingan humor.
7. Selalu mencari dan menggunakan umpan balik (feedback).
8. Selalu berfokus pada internal.
9. Menghitung dan mencari risiko.
10. Memiliki kebutuhan yang kecil untuk status dan kekuasaan.
11. Memiliki integritas dan reabilitas.

(Erma D.K/Majalah Chic)

Advertisements

UBAH HOBI JADI BISNIS

Ketika Anda memiliki pekerjaan penuh waktu yang begitu Anda cintai, Anda mungkin tidak akan bermimpi untuk melakukan hal yang lain. Namun bagi orang lain, mungkin bukan pekerjaan yang memberikan makna hidup dan memenuhi setiap aspek dalam hidup Anda, melainkan hobi. Nah, bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan kepercayaan diri dan pengalaman untuk mengembangkan hobi ini menjadi bisnis yang sukses?

Ada lima cara untuk perlahan mengubah hobi yang dijalani secara paruh waktu ini menjadi bisnis penuh waktu:

1. Tawarkan karya Anda secara gratis, atau sebagai sampel yang diberikan dengan diskon. Entah itu Anda menjual aksesori, pakaian yang Anda desain sendiri, makanan, atau layanan apapun, latihlah keahlian Anda ini, dan uji kemampuan Anda menjual pada teman-teman. Undang mereka ke rumah Anda untuk mencoba hidangan khas yang Anda kuasai, atau bawakan contoh aksesori yang Anda rangkai sendiri ke kantor. Kemudian, cobalah mendapatkan feedback dari mereka supaya Anda bisa memperbaiki diri dan menghasilkan karya yang lebih baik.

2. Curi ilmu dari ahlinya. Banyak sekali seminar atau workshop kewirausahaan yang diadakan oleh perusahaan atau produk tertentu. Hadiri seminar-seminar ini, karena Anda tidak akan sekadar mendapatkan teori, tetapi juga pengalaman dari mereka yang pernah jatuh-bangun saat mengembangkan bisnisnya. Anda juga bisa memulai langkah Anda dengan melamar sebagai part-timer di perusahaan pemilik bisnis tersebut, sehingga Anda bisa belajar banyak dari sana.

3. Bangun jejaring. Begitu Anda menyadari bahwa hobi Anda memiliki peluang untuk berkembang dan memiliki masa depan yang cukup menjanjikan, gunakan situs seperti LinkedIn.com atau jejaring sosial lain untuk menghimpun calon kolega, prospek, atau pelanggan Anda. Mintalah orang-orang yang berpengaruh untuk menjadi bagian dari jejaring Anda. Semakin besar komunitas Anda, semakin besar potensi Anda menjadi sukses.

4. Iklankan. Setelah menyempurnakan hobi Anda, dan kini Anda siap melangkah ke tahap selanjutnya, ciptakan website sederhana yang menjelaskan mengenai usaha Anda, lengkap dengan nama perusahaan yang baik, logo yang didesain dengan unik, dan sebarkan berita mengenai peluncuran produk atau layanan Anda ini melalui Twitter, Facebook, YouTube (jika ada hubungannya), jejaring sosial lain, dan tentunya e-mail.

5. Berikan perhatian penuh. Usaha yang semakin berkembang, tentu menuntut perhatian yang lebih besar dari Anda. Maka jika bisnis Anda sudah menghasilkan keuntungan, dan Anda yakin bisa membiayai hidup Anda dari usaha ini, pertimbangkan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan kantoran Anda. Umumkan bahwa bisnis ini sekarang sudah menjadi pekerjaan penuh Anda yang baru. Selamat mencoba.

11 Karakteristik Pria yang sangat menarik dimata Wanita!

Pertama, Good MOOD

Pernahkah anda bertemu seseorang yang TAK PEDULI SEBERAPA FRUSTRASI nya dia, dia tetap menemukan CARA untuk TERSENYUM dan GEMBIRA?
Seseorang yang berkata: “yah memang susah, tapi bisa lah!”,
atau “wah ga tau nih apa jadinya! …tapi apapun yang terjadi tetap JALAN!”,
atau “Akh hari ini gue dipecat! …senangnya bisa cari kerjaan baru! nanti malam clubbing yuk? lu traktir ya! Gue kan pengangguran!”

Dan pernahkah anda bertemu seseorang yang SEBERAPA BERUNTUNGNYA DIA, ia SELALU SAJA MENGELUH?
Seseorang yang berkata: “AAAAAARGH!!! Walaupun gaji naik, tetap aja jajan ga cukup!” atau semacamnya?
Pada dasarnya, EMOSI itu MENULAR. Jika anda dapat MEMANCARKAN emosi POSITIF layaknya TIDAK  ADA SATU HAL PUN yang dapat MERENGGUT KEBAHAGIAAN anda, maka wanita akan lebih TERTARIK dengan anda! So BE HAPPY and STOP COMPLAINING! …Apapun halangan nya, anda dapat menangangi nya tanpa keluhan. Pria yang selalu POSITIF menghadapi semua HAL NEGATIF akan membuat wanita TERTARIK secara INSTAN dengannya.

Kedua, tidak berusaha mengambil SIMPATI wanita

Hati-hati dalam “membanggakan” prestasi anda. Orang yang INGIN MENDAPATKAN SIMPATI dari wanita dengan cara MENONJOLKAN DIRI adalah orang  yang TIDAK MENARIK. Bukankah jika ada orang yang terlalu membesar-besarkan diri mereka didepan anda, anda malah ingin lari dari mereka?
Hmmm…
Kebalikan nya, orang yang dapat menahan gejolak diri untuk MEMAMERKAN prestasinya SEHEBAT APAPUN ITU, akan dinilai sebagai orang yang “low profile” dan mampu “stay in control”. Lebih lanjut, jika anda diam dan membiarkan orang lain yang mengangkat anda, disitulah anda akan menjadi menarik secara INSTAN.
Ingat, untuk menjadi MENARIK, namun jangan berusaha memamerkan “kemenarikan diri” anda  kepada wanita untuk mendapatkan simpatinya. Biarkan wanita melihat “kemenarikan diri” anda dengan sendirinya tanpa harus anda pamerkan.

Ketiga, TIDAK BERUSAHA memberikan PENDAPAT terhadap masalah wanita.

Jika wanita curhat akan masalah nya kepada anda, itu bukan berarti ia meminta pendapat anda. Ia hanya ingin didengarkan dan merasakan EMPATI (rasa peduli) dari anda akan masalahnya. Kebanyakan Pria DENGAN SEGERA berkata “KAMU SEHARUSNYA BEGINI dan BEGITU”, atau “SALAH TUH! YANG BENER BEGINI” pada saat wanita curhat akan masalahnya.…dan sudah dapat ditebak bahwa sang wanita akan diam dan merasa TIDAK NYAMAN.
Jika wanita menceritakan masalahnya kepada anda, tunjukanlah empati atau rasa peduli anda kepadanya tanpa menghakimi atau memberikan pendapat anda HINGGA ia bertanya kepada anda. Sebuah riset membuktikan bahwa rata-rata perselingkuhan yang terjadi di Amerika adalah  karena sang suami tidak lagi mendengarkan istrinya, yang membuat istrinya selingkuh dengan Pria yang mau mendengarkan keluh kesah nya tanpa menghakimi.
Hmmm…
Coba anda pikirkan keadaan dimana anda sedang curhat lalu teman anda memotong curhat anda dan memberikan pendapat kepada anda tanpa mendengarkan curhat anda secara penuh… Bagaimana perasaan anda?

Keempat, Read more of this post

PILIH KARIR ATAU WIRAUSAHA?

Setiap orang pasti memiliki rencana dalam hidupnya. Salah satunya, bagaimana ia akan menikmati hari tua kelak. Alternatif yang bisa dipilih? dengan mengumpulkan cukup simpanan dana pensiun atau memiliki usaha sendiri ketika masih pada usia produktif. Mana yang lebih tepat? Berikut kiat dari Eko Endarto RFA, perencana keuangan dari Finansial Consulting, agar tidak terjerumus pada keputusan yang kurang tepat sebelum memutuskan mengakhiri karier dan memulai usaha sendiri.

Baca peluang
Pada dasarnya yang dilihat dari sebuah pilihan berkarier atau wirausaha bukan sekadar peluang. Peluang itu akan selalu ada. Namun, yang paling penting untuk diperhatikan adalah apakah peluang itu bisa menjadi prospek yang bagus untuk masa depan kita? Pahami jika ini sudah melewati pertimbangan yang matang. Semua pilihan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Cara terbaik untuk mengetahui pilihan yang tepat adalah dengan membuat pertimbangan peluang yang bisa memberikan prospek bagus bagi diri kita ke depan. Bila prospeknya bagus dan hal itu bisa terjadi, maka apa pun pilihannya takkan jadi masalah.

Bisa kapan saja
Pilihan berwirausaha sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Apakah ketika masih di usia produktif, atau ketika sudah memasuki masa pensiun. Prinsipnya, bila merasa pilihan dan peluang yang diberikan bisa mendatangkan prospek bagus, maka mengapa tidak? Prospek yang baik ini bukan hanya dilihat dari kekayaan atau kesejahteraan yang bisa dicapai, melainkan juga memberikan aktualisasi diri.

Mengenai penentuan kapan berwirausaha dapat dimulai, lebih cepat dimulai tentu lebih baik.

Ingat, wirausaha adalah sebuah proses, bukan seperti bekerja dan menerima gaji secara langsung setelah 1 bulan kita menerima pekerjaan. Hasilnya baru akan dipetik setelah usaha membuahkan hasil dan kedatangan keberhasilan itu tidak dapat diprediksi; bisa cepat, bisa juga lambat; tergantung bagaimana seseorang menjalani proses tersebut.

Kesungguhan dan disiplin Read more of this post

RAJAWALI DAN AYAM

Alkisah, di satu perkampungan Indian hiduplah seorang pemburu. Suatu hari dia naik ke bukit cadas untuk menangkap rajawali. Sesampai di sarang rajawali, dia hanya menemukan sebutir telur. Daripada pulang sia-sia, telur rajawali itu pun dibawanya dan ditaruh bersama dengan telur-telur ayamnya yang sedang dierami.

Tak berapa lama kemudian, menetaslah telur-telur eraman sang pemburu. Karena masih kecil, tidak terlihat perbedaan yang mencolok antara anak rajawali dengan anak ayam. Si rajawali sendiri tidak pernah menyadari bahwa dia berbeda dengan yang teman-temannya. Dia hidup, makan, minum, bernafas, berjalan, dan berperilaku seperti anak ayam.

Waktu terus berjalan. Rajawali mulai merasa bahwa dirinya berbeda dengan anak-anak ayam. Sayapnya melebar, kakinya membesar, dan cengkeramannya menguat. Tetapi lingkungannya selalu mengatakan bahwa dia cuma seekor ayam.

Hingga suatu hari: terbanglah seekor rajawali dewasa melewati kampung tersebut. Dengan gagah dia mengepakkan sayapnya, melayang dengan anggun, serta mengeluarkan suara yang melengking dan berwibawa. Semua tertegun, terpana, dan mendongak sambil bertanya-tanya, makhluk apakah itu?

Tiba-tiba, terdengar teriakan panik induk ayam. “Anak-anak, lari, sembunyi! Selamatkan diri masing-masing. Itu adalah elang rajawali, musuh bangsa ayam!”

Segera semuanya mengambil langkah seribu dan bersembunyi di kolong rumah. Tetapi tidak demikian si rajawali kecil. Sedikit pun rasa takut muncul dalam dirinya. Sebaliknya dia merasakan sebuah panggilan yang kuat di dalam batinnya. Lengkingan dari langit itu seakan berkata, “Hai anak rajawali, ingatlah jati dirimu. Kamu bukan anak ayam seperti yang kamu dengar dan pikirkan selama ini. Kamu adalah rajawali. Lihat sayapmu yang lebar. Lihat kaki dan cakarmu yang besar. Aktualisasikanlah potensi dirimu yang luar biasa itu. Mari, bergabunglah bersama kami, bangsa rajawali, kita arungi angkasa luas yang tiada tara yang tiada bertepi.”

Menjawab panggilanjiwa itu, perlahan si rajawali kecil mulai berlari sambil mengepakkan sayapnya. Semakin cepat dan kencang sehingga sedikit demi sedikit tubuhnya pun terangkat. Namun karena belum terbiasa, dia pun jatuh. Tidak putus asa, dia mencoba lagi dengan lebih bersemangat. Tetapi hasilnya sama saja: baru terbang sedikit, langsung jatuh.

Sementara itu, terdengar suara hiruk pikuk dari kolong rumah. “Hei… jangan bodoh. Cepat bersembunyi di sini. Awas kau kan dipatok dan dimangsa. Ingat, kita ini bangsa ayam yang tidak mungkin bisa terbang. Hayo jangan terlambat!”

Rajawali kecil bimbang. Mau mencoba terbang lagi, dia sudah capek. Tetapi bergabung ke kolong rumah, hatinya tidak rela. Dia berada di persimpangan. Dan dia memilih bergabung dengan masyarakat ayam. Si anak rajawali kembali menjadi ayam, melupakan dan mematikan spirit yang ada di batinnya. Hingga akhir hayatnya, dia tetap merasa dan mengganggap dirinya sebagai ayam.

* * * *

Pembaca yang budiman, kisah ini adalah tentang suara langit dan suara bumi. Kedua suara ini sangat penting untuk kita tangkap dan bedakan.

Kita adalah putra langit, putra rajawali yang mampu terbang tinggi menjelajahi awan-gemawan dan mengepakkan sayap mengarungi langit dengan bebas. Jauh di dalam batin kita ada panggilan jiwa yang tidak pernah diam menantang kita untuk menjadi yang terbaik.

Pertanyaannya, apakah kita bersedia menjawab panggilan tinggi itu, yang juga adalah suara Tuhan, ataukah kita menjawab suara rendah, yang mengatakan kita bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa?

Kita semua dilimpahi dengan potensi luarbiasa untuk diaktualisasikan. Maukah kita berusaha mengembangkannya? Buanglah mentalitas seperti rajawali kecil di atas, yang karena lelah, pernah gagal, ragu dan bimbang, putus asa, lalu memilih mendengarkan suara bumi. Sebaliknya, pilihlah untuk bertarung sekuat tenaga sampai kita mendapati bahwa kita bukanlah pecundang, tetapi pemenang dengan prestasi luarbiasa.

Kita semua adalah rajawali, mari dengan tegas menjawab panggilan surgawi, panggilan ilahi untuk melakukan hal-hal yang besar, hebat, dan luarbiasa.

6 TIPE REKAN KERJA DAN CARA MENGHADAPINYA

Suka atau tidak, Anda harus bertemu dengan rekan sekantor, bahkan mungkin kerja Anda pun bersinggungan dengan mereka. Berikut adalah beberapa tipe umum rekan kerja dan cara menghadapinya:

1. Si Antik

Sekian puluh tahun bekerja di perusahaan membuat orang ini cukup tahu banyak tentang sejarah perusahaan. Perubahan dalam sistem perusahaan bisa membuatnya ketakutan dan siap pasang wajah garang. Cara menghadapi tipe rekan kerja seperti ini harus ekstra sabar dan penuh hormat. “Ingat dalam kepala Anda, si tipe antik ini adalah orang yang sudah berhasil melewati masa-masa sulit perusahaan, PHK, dan lainnya. Bisa dikatakan, ia sudah tahu seluk-beluk perusahaan, apa pun posisinya,” jelas Elizabeth Freedman, pengarang “Work 101: Learning the Ropes of the Workplace Without Hanging Yourself” dan “The MBA Student’s Job-Seeking Bible.”

Tipe Antik semacam ini umumnya senang mengomel dan menggerutu. Bisa jadi karena ia bosan, tetapi masih takut akan perubahan sistem atau teknologi yang dibawa oleh anak-anak baru yang masih muda. Ia mungkin akan sulit menerima dan mencerna perubahan-perubahan itu. Supaya tidak menyakiti perasaannya dan bisa merebut hatinya, cobalah dekati ia perlahan dan ajarkan perlahan tanpa membuatnya merasa bodoh atau merendahkan pengetahuannya. Kerendahan hati dan rasa hormat untuk mengajari dia akan membuatnya merasa dihargai.

2. Si Bintang Sinetron
Mobilnya mogok sebelum presentasi besar, dan ia yakin istrinya sedang berselingkuh, ia tak suka dengan pacar baru anaknya, dan ia merasa tetangganya memata-matainya.

Meski terdengar konyol, tetapi menurut Kathi Elster, pengarang “Working With You Is Killing Me,” tipe-tipe dramatis semacam ini bisa bikin frustasi. Tipe semacam ini hanya ingin diperhatikan, dan tiap kali diberikan saran, mereka tidak mendengar atau menjalankan. Mereka cuma ingin diperhatikan dengan drama hidupnya. Untuk menghadapi hal-hal semacam ini disarankan mengarahkan pembicaraan dengan kalimat diplomatis, seperti, “Aku  yakin kamu punya teman-teman dekat yang lebih mengerti hal-hal semacam ini, aku kurang paham soal semacam ini,” lalu gantilah topik pembicaraan.

3. Tipe Pendiam Read more of this post

10 CIRI PRIA IDAMAN WANITA

Seperti apa bayangan pria idaman di benak Anda? Apakah hanya dari segi fisik? Rasanya tidak mungkin. Ada faktor-faktor lain yang dinilai perempuan dalam sosok pria idaman. Situs askmen.com sempat melakukan survei untuk mencari tahu faktor-faktor pria seperti apa yang menjadi idaman para wanita. Mau tahu apa hasil pencarian mereka? Samakah dengan apa yang ada dalam benak Anda? Mereka berusaha mengintip isi pikiran kita, mari kita intip lagi apakah daftar yang mereka punya sudah sesuai dengan pikiran kita.

10. Kecerdasan
Sadarkah Anda, saat ada pria yang cerdas dan tidak sombong, kita akan melihat ia sebagai seseorang yang sangat charming meski penampilannya tidak ikut tren sekalipun? Seorang rekan bahkan sempat tergelitik dan tersenyum-senyum saat mendengar seorang pria yang ia sukai berbicara menggunakan bahasa asing. Teman lain lagi malah jatuh cinta kepada suaminya karena pengetahuan si suami yang begitu banyak tentang sejarah kota-kota di dunia. Tentu, seorang pria terlihat lebih menarik jika ia bisa mengutarakan kecerdasannya dengan cara yang rendah hati, tidak sombong, dan bukan merendahkan orang lain.

9. Tantangan
Menurut situs askmen.com, wanita ternyata juga suka akan tantangan. Tak semua wanita suka dikejar-kejar. Kadang perempuan pun akan merasa tertarik kepada pria yang sedikit jual mahal. Hm, sama seperti pria yang juga suka wanita yang sedikit jual mahal, ya?

8. Perhatian
Yang ini sudah jelas. Perempuan sangat suka perhatian dari pria. Bahkan, menurut askmen.com, perempuan yang diberikan perhatian, seperti kata-kata bahwa ia tak suka Anda pergi dengan pria lain saja sudah cukup membuat Anda merasa diperhatikan. Meski hadiah-hadiah lucu juga akan membuat Anda merasa amat diperhatikan. Plus, perempuan suka ketika seorang pria memerhatikan detail kecil dalam dirinya, seperti perubahan dalam dandanan, baju yang baru Anda pakai, dan lainnya. Menurut mereka, pujian akan hal-hal kecil ini merupakan bentuk perhatian yang lebih menyenangkan ketimbang harus mendengar perempuan mengomel seharian. Hm….

7. Kedermawanan

Konon, ini merupakan salah satu cara lain pria membuat wanita tertarik (selain ketulusan hatinya). Perempuan-perempuan cantik tentu dengan sangat mudah mendapatkan apa yang ia mau dari pria mana pun. Jadi, mereka akan berusaha kreatif. Tidak dengan membanjiri perempuan cantik yang ia suka dengan hadiah, tetapi menunjukkan kedermawanan. Ternyata, kedermawanan seorang pria terhadap orang yang kurang beruntung bisa jadi daya tarik yang cukup besar. Bagi pria, jika ia mengajak Anda melakukan aktivitas sosial semacam ini tak hanya membuat Anda jatuh cinta, tetapi sekaligus membantu orang lain.

6. Jago dalam aktivitas percintaan
Tak cuma pria, wanita juga suka aktivitas percintaan. Wanita akan merasa ketergantungan pada pria yang jago dalam urusan percintaan, yang membuat mereka bisa merasa melayang, dan mengajar mereka untuk merasa sangat luar biasa. Jadi, tak heran kalau di kamarnya Anda menemukan buku-buku tentang cara memuaskan wanita. Atau ketika Anda sedang meminjam laptopnya, di kolom search engine muncul keyword seputar cara memuaskan wanita, atau cara berciuman yang benar, atau mungkin cara memanjakan wanita.

5. Romansa
Siapa yang mau berada dalam hubungan yang hambar. Sebatas ada di sisi seseorang saja tidak cukup. Anda butuh keintiman, konektivitas, ada untuk satu sama lain secara utuh, baik fisik maupun psikologis. Bisa ada untuk satu sama lain dan bisa saling berkomunikasi dalam segala lapisan. Mengerti Anda dan kesukaan Anda. Tidak malu untuk mengungkapkan isi hatinya dalam bentuk yang mungkin dinilai norak olehnya sekalipun, seperti membuatkan lirik lagu, atau puisi, atau hal-hal lainnya. Hm, menyenangkan, ya?

4. Dominasi
Semandiri apa pun seorang wanita, ia akan merasa lebih nyaman dan aman jika ia tahu pasangannya bisa dipercaya dan cukup kokoh untuk ia sandari. Tanpa disadari, wanita ternyata memiliki ketertarikan terhadap pria yang sedikit dominan. Wanita ternyata akan merasa tertarik kepada pria yang tahu apa yang ia inginkan dan tidak ragu untuk mengejarnya. Namun, tentu dominasi yang dimaksud bukan tipe yang asertif dan membuat si wanita merasa terintimidasi atau tak nyaman, atau yang melewati batas si wanita. Tetapi, lebih pada dominasi dalam hal gairah dan tujuan hidup, bukan posesivitas.

3. Berkelas
Ternyata, perempuan juga merasa tertarik kepada pria yang memiliki nilai berkelas dalam hal-hal kultural, seni, etiket, film, musik, makanan, atau hal-hal lainnya tanpa terlihat membosankan.

2. Humor
Humor yang senada adalah salah satu hal penting dalam hubungan. Dalam situs askmen.com, humor merupakan salah satu kunci untuk menarik perhatian seorang perempuan dan memperbaiki kesalahan saat sudah menjadi kekasih si wanita incaran. Saran yang diutarakan situs itu kepada para pria adalah dengan menjaga humor yang sedikit pedas, sedikit sombong, dan sedikit percaya diri yang menarik, seperti gaya Pierce Brosnan dalam film The Thomas Crown Affair atau Tom Cruise dalam film Top Gun. Konon kata mereka, humor seperti ini membuat perempuan gemas.

1. Seru

Siapa sih yang senang duduk diam berdampingan selama berjam-jam. Ternyata, menurut survei yang dilakukan situs askmen.com itu, posisi pertama yang dicari dalam sosok pria yang menjadi idaman adalah pria yang seru, suka hal-hal penuh petualangan, tidak biasa, dan menyenangkan. Sebab, menurut mereka, pria yang senang hal-hal seru semacam ini bisa menciptakan suasana baru dan tidak terpaku pada rutinitas membosankan. Ternyata, menurut survei itu, wanita suka sesuatu yang menggugah perasaan mendebarkan dan baru. Sesuatu yang terlalu terpaku dan monoton membuat wanita bosan.

Hm, ternyata uang dan ketenaran tidak menempati 10 hal terutama yang dicari perempuan dalam sosok laki-laki idaman. Ada hal-hal lain tentang pria idaman yang tak ada di dalam sini dan menurut Anda cukup penting, tetapi mereka lupa masukkan?

MEMAAFKAN ORANG LAIN

Pernahkah Anda merasa begitu marah dengan orang lain hingga rasanya tak ingin berbicara lagi dengannya, apalagi melihat mukanya lewat di depan kita? Bahkan, ketika kemarahan telah sampai di ubun-ubun kepala, ruang hati kita akan tertutup untuk dirinya. Sebenarnya, apakah kita boleh melakukan hal tersebut?

Sebagai manusia, apalagi perempuan (yang katanya makhluk emosional), merasakan dan mengekspresikan perasaan marah sebenarnya merupakan hal yang wajar. Tetapi yang bahaya adalah ketika perasaan marah dan kesal tersebut terus dipelihara di dalam hati. Memelihara perasaan negatif di dalam hati bisa berakibat negatif juga untuk tubuh. Perasaan negatif tersebut akan menjadi life-toxins yang menggerogoti hidup Anda. Enggak percaya? Coba bayangkan. Ketika Anda teringat kembali oleh kemarahan yang Anda simpan dalam hati tadi, maka mendadak wajah Anda menjadi berkerut sehingga membuatnya terlihat lebih tua, jantung jadi berdebar kencang menahan amarah, dan yang paling tidak nyaman adalah pikiran jadi terjebak dengan ‘kemarahan’ hingga langkah ke depan terasa berat. Benar kan?

Nah, agar tak menjadi life-toxins, ada baiknya Anda mulai belajar untuk berlapang dada dan berbesar hati untuk memaafkan kesalahan orang lain. Banyak manfaat yang bisa dipetik dari hal itu lho. Salah satunya adalah peace of mind alias pikiran yang tenang. Tidak ada lagi beban berat yang menghimpit pikiran dan perasaan Anda. Tidak ada lagi hal yang bisa membuat darah Anda ‘mendidih’ seketika. Semua akan Anda jalani dengan lebih ikhlas dan sabar sehingga ‘langkah’ terasa lebih ringan.

Dalam suasana hati yang tidak enak, tentu kita mengharapkan adanya teman yang dapat mengurangi perasaan tidak enak tersebut. Dengan kesibukan sehari–hari, langkah pertama yang paling mudah adalah dengan mencari Balancea sebagai teman untuk menenangkan diri. Terbuat dari Rosella Ungu yang kaya akan perpaduan Antioksidan, Pomegranate, dan Barbados Cherry selain memberikan kesegaran dalam suasana hati yang tidak tenang juga sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kesehatan tubuhmu.

Mari kita bersama-sama belajar untuk memaafkan kesalahan orang lain. Semoga hidup kita menjadi lebih cerah 🙂

MENGHARGAI DIRI SENDIRI

Seberapa besar Anda menghargai diri sendiri? Jika belum, ambillah waktu sebentar dan lakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri.

1. Sediakan waktu. Menyediakan waktu untuk diri sendiri akan membuat pikiran segar kembali. Bahkan, menyediakan lima menit hanya untuk menutup mata dan memfokuskan pikiran dapat membantu Anda merasa lebih baik. Namun, akan lebih baik bila Anda bisa menyediakan waktu yang lebih banyak untuk memfokuskan pikiran pada diri sendiri dan apa yang perlu dilakukan.

2. Lakukan sesuatu yang baik untuk tubuh. Memang mudah mengabaikan kesakitan yang dirasakan tubuh dan lupa untuk mengurus diri sendiri. Cobalah berendam di air panas yang dicampur garam atau mintalah seseorang untuk memeluk. Bisa juga cobalah berdiri dan lakukan peregangan.

3. Buat diri sendiri merasa nyaman. Misalnya dengan menelepon teman atau minum teh hangat, tidur dengan bantal dan selimut yang nyaman, menulis buku harian, makan sesuatu yang disukai, mencium bau minyak aromaterapi seperti vanila, lavender, dan lain-lain.

4. Pergi ke dunia lain. Caranya adalah dengan membaca buku, menonton film, atau biarkan pikiran mengalir ke mana pun ia pergi.

5. Melakukan sesuatu yang konyol. Ini akan membawa keluar jiwa kanak-kanak yang ada dalam kepribadian kita dan memberi perasaan bahagia. Misalnya bermain busa sabun, membuat kue, mengamati awan dan mereka-reka bentuknya, serta bermain dengan hewan peliharaan atau otopet.

6. Cuti sehari. Apalagi bila Anda sudah merasa jenuh dengan pekerjaan sehari-hari. Ambil cuti sehari dan lakukan apa pun yang ingin dilakukan seharian penuh. Ini lebih baik daripada sehari di akhir pekan.

7. Jalan-jalan di tengah alam terbuka. Kadang kita lupa memperhatikan dunia yang terbentang di sekitar. Mengamati alam akan membuat kita merasa lebih enak dan kalem. Berjalanlah di taman. Amati dan pandanglah pohon, rumput, langit, kemudian bernapaslah.

8. Melakukan sesuatu yang sudah lama ingin Anda kerjakan. Mengapa menundanya lagi? Lekas kerjakan dan Anda akan merasa lebih baik

PERSAHABATAN YANG MENGGETARKAN

Alkisah, di zaman Yunani kuno memerintah seorang raja bersama Dionisius. Di kerajaannya hidup pula sepasang sahabat yang terkenal karena kesehatian, kesepikiran, dan komitmen kebersamaan mereka: Damon dan Phytias namanya.

Suatu hari, tanpa sengaja Damon melakukan sebuah kesalahan fatal di sebuah gelanggang permainan. Akibatnya, dia harus dihukum mati oleh raja. Namun, beberapa saat sebelum eksekusi, Phityas muncul.

”Yang mulia Raja Dionisius, izinkanlah hamba memohon sesuatu buat Damon, sahabatku: Berikanlah dia kesempatan terakhir melakukan sesuatu sebelum menemui ajalnya.”

Raja pun mengabulkannya. ”Baik, aku izinkan. Hai Damon, apakah permintaanmu yang terakhir?” ”Terimakasih sahabatku Phytias, dan terutama bagiku Raja Dionisius yang mulia. Permintaan hamba sederhana: boleh kembali ke kampungku, ke rumahku, untuk mencium anak-istriku dan berpamitan pada keluargaku.”

”Tetapi apa jaminannya?” tanya raja.

Phytias mengajukan diri. ”Baginda, selama Damon pergi, biarlah hamba yang menggantikannya sebagai tahanan. Apabila pada batas waktu yang ditentukan dia tidak muncul, hamba bersedia dihukum mati sebagai gantinya.”

Demikianlah Damon dilepaskan dan diberi waktu tiga hari untuk melaksanakan niatnya.

Raja dan khalayak ramai menunggu apakah Damon kembali sesuai dengan janjinya. Hari pertama lewat tanpa kabar. Hari kedua juga berlalu begitu saja.

Hari ketiga, masyarakat berbondong-bondong berkumpul di tempat eksekusi. Mereka penasaran sambil berharap cemas, apakah Damon memenuhi janjinya. Menjelang siang hari, kabar kehadiran Damon belum terdengar juga. Waktu terasa berlalu begitu cepat. Dan ketegangan meliputi semua orang.

Menjelang sore, Damon tetap tidak muncul. Pada detik-detik menjelang eksekusi, raja pun berkata kepada Phytias. ”Tampaknya persahabatan kalian yang terkenal itu tidak terbukti. Dan kamu, Phytias yang malang, bersiaplah untuk mati karena sahabat yang setia yang kamu banggakan itu ternyata tidak sesetia seperti yang kamu sangka.”

Namun saat pedang algojo hampir berkelebat, dari kejauhan terdengar suara orang berteriak. “Tunggu, tahan hukuman! Tunggu, tahan hukuman!”

Sontak semua yang hadir menoleh ke arah suara itu. Pekik tidak percaya bercampur gumaman kagum memenuhi udara. ”Itu Damon, dia kembali!”

“Maafkan hamba baginda.” kata Damon begitu sampai. “Hamba mengalami banyak sekali hambatan di jalan. Waktu melintasi selat, perahu hamba membentur karang hingga tenggelam. Saat melintasi hutan, sekelompok penyamun merampok hamba hingga terluka. Namun, hamba tetap berlari ke sini, dan syukurlah belum terlambat.”

Sambil menoleh kepada sahabatnya kata Damon lagi, “ Saudaraku Phytias, terimakasih atas kebaikanmu. Engkau telah mempertaruhkan nyawamu untukku. Sekarang, aku sudah di sini, dan siap untuk dihukum mati.”

Melihat adegan itu, Raja Dionisius hanya bisa mengeleng-gelengkan kepalanya tidak habis pikir. Hatinya tersentuh dan berkata, “Damon dan Phytias, ternyata benar apa yang kudengar selama ini tentang persahabatan kalian. Aku sangat menghormatinya. Sebagai penghargaan, maka kamu, Damon, kuampuni dan kulepaskan dari hukuman mati.”

“Terimakasih Baginda,” Damon dan Phytias serentak menjawab.

“Namun ada satu hal lagi. Bolehkah ke dalam persahabatan kalian berdua ditambahkan orang ketiga?” tanya raja.

Demikianlah Raja Dionisius kemudian menjadi sahabat Damon dan Phytias. Persahabatan mereka menjadi persahabatan segitiga yang melegenda ke seantero dunia.

* * * *

Kerja adalah kehormatan, aku bekerja tekun penuh keunggulan. Dalam kisah ini, kita menemukan kualitas persahabatan, komitmen, kesetiaan, dan kepercayaan yang total sehingga mampu menggetarkan hati masyarakat dan Raja Dionisius.

Apapun yang unggul, mulia, dan berkualitas selalu mengundang rasa hormat dan kagum. Kalau kita mampu menerapkannya dalam pekerjaan, di mana kita mampu membina hubungan dengan orang lain, pemasok, atau pelanggan, maka relasi tersebut akan menjadi modal untuk maju dan berkembang.

Karena itu, jagalah kualitas persahabatan anda, karena dengan demikian, hidup akan jauh lebih mudah dan sukses sangat mungkin diraih.